Sobat Budaya Foundation | Open Recruitment Volunteer Infobudaya.net
1032
post-template-default,single,single-post,postid-1032,single-format-standard,ajax_leftright,page_not_loaded,,large,shadow2,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive

Blog

 

Open Recruitment Volunteer Infobudaya.net

01 Jun 2015, oleh sobatbudaya di Oprec Volunteer

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” – Pramoedya Ananta Toer

Oleh karena itu, menuliskan kekayaan budaya tradisi Nusantara menjadi sebuah kebutuhan dan kewajiban bagi anak bangsa untuk mendokumentasikan dan melestarikan kekayaan budaya bangsa.

 

Budaya adalah warisan, identitas, panduan hidup, hiburan, kebanggaan, dan sumber kehidupan. Indonesia terdiri atas 1.200 suku bangsa dan berbicara 726 bahasa. Masing-masing suku bangsa tersebut memiliki budayanya masing-masing. Jumlah kekayaan budaya Indonesia tidak terhitung jumlahnya, ratusan ribu, jutaan, atau bahkan puluhan juta.

Sayangnya, kekayaan budaya Indonesia tersebut, tidak terdokumentasikan dengan baik. Karena budaya nenek moyang kita adalah budaya tutur, berbeda dengan bangsa Barat yang mendokumentasikan kebudayaannya dengan rapi.

Karena kurangnya pendokumentasian budaya Indonesia, menyebabkan kasus punahnya dan klaim budaya Indonesia oleh Asing. Sejak tahun 2000, telah terjadi 32 kasus klaim budaya Indonesia oleh pihak asing.

Berangkat dari realita tersebut, Gerakan Sejuta Data Budaya berupaya mendokumentasikan dan mendigitalisasi kekayaan budaya Indonesia. Gerakan Sejuta Data Budaya kemudian didukung oleh Komunitas Sobat Budaya.

Kampanye pendokumentasian budaya saja tidak cukup, perlu juga sebuah media untuk mewadahi info-info dan berita terkait isu-isu budaya tradisi Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia baik yang berada di Indonesia maupun yang sedang tinggal di luar negeri.

Oleh karena itu, Sobat Budaya berupaya membangun sebuah portal berita budaya yang konsisten mewartakan berita dan info-info seputar budaya tradisi Indonesia di laman Infobudaya.net.

Kami mengajak kamu untuk menjadi bagian dari upaya pewartaan berita dan info-info seputar budaya tradisi Indonesia dengan posisi content writer, photographer dan videografer.

Teman-teman yang mau bergabung menjadi bagian dari sobat budaya dan Info Budaya dengan posisi tersebut bisa mengisi form berikut:

[embeddoc url=”http://sobatbudaya.or.id/wp-content/uploads/2015/06/Form-Oprec-Volunteer-infobudaya.net_.docx” viewer=”microsoft”]

Kemudian mengirimkan form yang telah diisi ke alamat email sobatbudaya@gmail.com, subject email: Volunteer Info Budaya.net (pilihan posisi: content writer/photograper/videograper)

Form dikirimkan paling lambat Minggu, 13 September 2015 pukul 23.59 WIB.

Pelatihan Kepenulisan, Senin 14 September 2015

Pukul 13.30 WIB s.d 16.00 WIB

Lokasi Pelatihan

JNE Learning Center

Jalan Raya Tomang No. 9

Jakarta Barat

 

CP:

Dila ( 0857-6382-7336)

 

2 COMMENTS

Silakan komentar