Sobat Budaya Foundation | [Open Recruitment] Pengurus Sobat Budaya Indonesia 2016
1146
post-template-default,single,single-post,postid-1146,single-format-standard,ajax_leftright,page_not_loaded,,large,shadow2,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive

Blog

 

[Open Recruitment] Pengurus Sobat Budaya Indonesia 2016

10 Des 2015, oleh sobatbudaya di Oprec Pengurus Sobat Budaya, Oprec Volunteer

Cinta budaya Indonesia? Ingin ikut serta melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia?

Memiliki passion yang tinggi untuk berorganisasi dalam Komunitas Sobat Budaya?

Sobat Budaya Indonesia membuka rekruitmen untuk Periode Kepengurusan Januari – Desember 2016!

Sobat Budaya adalah sebuah komunitas non-profit yang berupaya melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB). GSDB adalah suatu upaya gotong royong untuk membangun Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI). Terdapat 15 Kategori budaya di PDBI yakni alat musik, cerita rakyat, makanan dan minuman, motif kain, musik dan lagu, naskah kuno dan prasasti, ornamen, pakaian tradisional, permainan tradisional, produk arsitektur, ritual, seni pertunjukan, senjata dan alat perang, tarian serta tata cara pengobatan dan pemeliharaan kesehatan.

Empat pilar dalam gerakan ini adalah 1) Tersedianya ensiklopedia budaya tradisi Indonesia; 2) Semakin banyaknya penelitian budaya yang dilakukan; 3) Sebagai perangkat perlindungan hukum atas kekayaan budaya tradisi nusantara yang kemudian akan didaftarkan ke World Intellectual Property Organization (WIPO); dan 4) Munculnya inovasi dan ekonomi kreatif yang berlandaskan pada budaya tradisi nusantara.

Untuk mencapai empat pilar tersebut, Sobat Budaya melakukan pendataan budaya dengan melaksanakan ekspedisi-ekspedisi budaya ke berbagai daerah. Selain melibatkan anggota Sobat Budaya, GSDB juga mengajak partisipasi masyarakat secara gotong royong untuk ikut serta mensubmit data budaya ke PDBI di laman www.budaya-indonesia.org.

Gerakan yang berawal dari Kota Bandung, diluncurkan pertama kali di Istana Negara pada tanggal 13 Desember 2011 kini telah berkembang dan merambah di beberapa daerah. Sekarang tercatat 43 Sobat Budaya di daerah-daerah yang dibentuk secara partisipatif oleh para pemuda di daerah tersebut. Guna memberikan payung hukum atas komunitas-komunitas tersebut, maka sejak 7 Juli 2014, telah berdiri Yayasan Sobat Budaya Indonesia.

Adapun visi dan misi yang hendak dicapai oleh Yayasan Sobat Budaya Indonesia yakni:

Visi:

Mendorong pelestarian dan pengembangan serta pendataan budaya Indonesia

Misi:

  1. Membangun dan mengembangkan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI).
  2. Memperkuat perlindungan hukum terhadap budaya Indonesia.
  3. Mendorong penelitian budaya Indonesia.
  4. Mempromosikan diversitas budaya Indonesia.
  5. Mendorong pendidikan budaya Indonesia.
  6. Mendorong partisipasi dan apresiasi masyarakat kepada budaya Indonesia.

Persyaratan:

  1. Bersedia menjadi pengurus dan menjalankan kewajiban sebagai pengurus selama 1 periode (Januri – Desember 2016);
  2. Berdomisili di wilayah Jabodetabek;
  3. Bersedia mengikuti AD-ART, SOP dan peraturan yang berlaku di Sobat Budaya, termasuk meluangkan waktu sekurang-kurangnya 4 jam/minggu untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengurus, serta mengikuti rapat pleno dan rapat divisi pengurus masing-masing minimal satu kali per bulan;
  4. Memiliki ketertarikan, minat, dan komitmen untuk berkontribusi melestarikan dan mengembangkan budaya tradisi Indonesia;
  5. Bertanggung jawab serta memiliki jiwa sosial yang tinggi;
  6. Memiliki mobilitas yang tinggi (aktif dalam komunikasi melalui sms, e-mail, telepon, socmed serta mobile messaging seperti WhatsApp, Line atau BBM).
  7. Bersedia mengikuti proses interview;
  8. Pendaftaran gratis dan tidak dipungut biaya;
  9. Pengurus Sobat Budaya bersifat relawan (bukan karyawan)

Job Desk Pengurus:

Pendataan Budaya

Divisi Pendataan Budaya terdiri dari tim ekspedisi, penelitian, dan pendapatan bertugas membuat rencana dan berbagai persiapan yang diperlukan dalam kegiatan pendataan seni budaya yang akan diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk juga mengatur tim-tim pelaksana pendataan yang ada komunitas Sobat Budaya. Divisi ini nantinya menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan aktifitas dokumentasi data budaya, seperti ekspedisi dan kegiatan salin data.

IT, Desain & Kreatif

Divisi IT, desain, dan kreatif bertugas menyediakan bahan-bahan yang diperlukan, baik publikasi cetak maupun elektronik, dan online ataupun offline. Divisi ini,merancang, mengelola, dan menerbitkan semua bahan kampanye, program, dan kegiatan komunitas. Nantinya, divisi ini akan banyak bekerja sama dengan divisi lain dalam komunitas Sobat Budaya. Divisi ini akan mengelola web, video kegiatan dan bahan-bahan publikasi lainnya.

SDM

Divisi Sumber Daya Manusia bertugas melakukan rekruitmen baik pengurus komunitas maupun volunteer Sobat Budaya. Divisi ini melakukan usaha yang mendukung harmonisasi keluarga besar Sobat Budaya. Juga melakukan koordinasi dengan sumber daya manusia yang ada ketika melangsungkan berbagai kegiatan dalam program kerja komunitas. Bertugas menjalankan fungsi pengelolaan anggota Sobat Budaya, baik secara adminitrasi maupun kegiatan pengembangan kapabilitas anggota komunitas.

Bertugas mengembangkan kapasitas staf dan juga relawan melalui berbagai macam program pelatihan baik secara langsung maupun online. Bertanggungjawab juga pada pendataan atas rekrutmen dan relawan atau database. Melaksanakan aktivitas yang bertujuan mempererat kedekatan antar staf  (team bonding). Melaksanakan rekrutmen untuk staf maupun relawan. Memonitoring dan evaluasi terhadap kinerja staf dan relawan.

Tim SDM juga akan berjejaring dengan komunitas Sobat Budaya di daerah-daerah untuk memantau perkembangan Sobat Budaya di daerah.

Fundraising & Sponsorship

Divisi fundraising membuat berbagai program terkait pendanaan kegiatan Sobat Budaya. Divisi ini kemudian menciptakan dan memelihara hubungan kerjasama dengan pihak donatur maupun sponsor. Selain juga bertugas membuat berbagai marchandise sebagai salah satu usaha untuk dana usaha komunitas ini.

 

 

AcroBatik

AcroBatik merupakan sebuah badan usaha sosial berbasis budaya tradisi yang dibangun untuk melakukan social entrepreneurship dan crowdfunding untuk memenuhi kebutuhan kegiatan Sobat Budaya. AcroBatik menjadi salah satu aktualisasi dari 4 pilar Gerakan Sejuta Data Budaya, yakni mendorong budaya tradisi sebagai sumber inovasi dan ekonomi kreatif.

Mekanisme Pendaftaran:

  1. Mengisi Formulir, unduh [embeddoc url=”http://sobatbudaya.or.id/wp-content/uploads/2015/12/Form-Oprec-Pengurus-SBI-2016.docx” download=”all” viewer=”microsoft”];
  2. Mengirimkan formulir ke info@sobatbudaya.or.id . Subject email: Nama – Oprec SB 2016
  3. Tahap Seleksi:

Pendaftaran dan pengiriman form : 29 Februari – 15 Maret

Interview : 16-17 Maret

Pengumuman : 18 Maret

Pelantikan, Pengukuhan dan Makrab : 19-20 Maret

 

Para calon pengurus akan dihubungi via email. Untuk informasi terupdate silakan follow twitter @sobatbudaya. Official line account: @sobatbudaya

CP: Sepriandi (0896-2000-8081)

2 COMMENTS
  • adinda saraswati Balas

    Untuk pendaftaran batch III atau batch selanjutnya kapan di buka ya?

  • Sha Balas

    Hi Sobat Budaya!

    Waah, saya baru tahu bahwa ada organisasi Sobat Budaya ini.

    Saya sangat tertarik untuk jadi pengurus.. Untuk periode kepengurusan selanjutnya apakah sudah buka pendaftaran?

    Terima kasih 🙂

Silakan komentar