Sobat Budaya Jakarta | Pelatihan Sobat Budaya Regional di Jakarta
53
post-template-default,single,single-post,postid-53,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,large,shadow3,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive

Blog

Pelatihan Sobat Budaya Regional di Jakarta

16 Okt 2014, oleh jakarta di kegiatan

Minggu, 28 September 2014, Sobat Budaya menyelenggarakan pelatihan untuk Sobat Budaya Jakarta, Sobat Budaya Bandung, Sobat Budaya Subang, dan Sobat Budaya Bogor. Bertempat di Gedung JNE, Tomang, Jakarta Barat, selain materi pelatihan yang akan diberikan untuk bekal ekspedisi dan pendataan, acara ini juga bertujuan untuk perkenalan dan menjalin silahturami antar Sobat Budaya regional.

Pada acara pelatihan ini, Ketua Yayasan Sobat Budaya, Erlan Rinaldi, memberikan materi mengenai sejarah Sobat Budaya, acara-acara yang telah diselenggarakan oleh Sobat Budaya, serta ekspedisi-ekspedisi yang telah dilakukan oleh Sobat Budaya, diantaranya ekspedisi Topeng Cirebon, Batik Tasik, Perak Celuk Bali, dan arsitektur Ciptagelar. Selanjutnya, masing-masing Sobat Budaya regional berbagi mengenai program kerja dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan. Hadir juga Kang Maman Suherman dan Astrid Enricka dari Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) yang berbagi cerita mengenai kebudayaan Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sesi pembekalan materi ekspedisi oleh Vande Leonardo, Dadan Suhandana dan Adi Nugroho. Vande Leonardo berbagi pengalaman mengenai ekspedisi pertama kali yang dilakukan oleh Sobat Budaya yaitu Ekspedisi Gorga di Sumatera Utara. Serta, Dadan Suhandana yang berbagi pengalaman mengenai Ekspedisi di Semarang, Jogja dan Solo. Mereka juga bercerita mengenai persiapan pra ekspedisi, proses ekspedisi, dan pasca ekspedisi. Kemudian Adi Nugroho memberikan materi mengenai fotografi. Beliau memberikan pengetahuan dan tips fotografi. Materi terakhir diberikan oleh dr. Mariya mengenai kesehatan. dr. Mariya memberikan materi mengenai obat-obatan, pertolongan pertama pada saat kecelakaan, keracunan dan mengatasi gigitan ular. Acara ditutup dengan foto bersama Sobat Budaya Jakarta, Sobat Budaya Bandung, Sobat Budaya Subang, dan Sobat Budaya Bogor.

Yayasan Sobat Budaya berdiri pada tanggal 7 Juli 2014. Yayasan ini yang menaungi komunitas Sobat Budaya dengan tujuan melakukan pendataan budaya agar tidak terjadi klaim budaya oleh negara lain, menghindari kepunahan budaya, dan mempromosikan budaya Indonesia. Saat ini sudah ada 33 Sobat Budaya regional yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Sobat Budaya Jakarta.

Sobat Budaya Jakarta

Email    : sobatbudayajkt@gmail.com

Twitter  : @SobatBudayaJKT

Humas : 081381382003 (Rantika)

Pemaparan Proker Sobat Budaya Jakarta oleh Ketua SB JakartaSobat Budaya Regional Kadiv EO Kadiv SDM Kadiv IT, Design & Creative Kadiv Humas Kadiv Ekspedisi

 

Ditulis oleh Siti Wulandari

  • WordPress
  • Google Plus
  • Facebook

Silakan komentar