Sobat Budaya Jakarta | Profil Komunitas Sobat Budaya Jakarta
109
post-template-default,single,single-post,postid-109,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,large,shadow3,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive

Blog

Profil Komunitas Sobat Budaya Jakarta

20 Okt 2014, oleh jakarta di artikel

Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB) merupakan kegiatan yang menggalang kelompok muda pecinta budaya untuk melestarikan budaya melalui pendataan budaya ke dalam Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI). Soft Launching GSDB juga bersamaan dengan terbentuknya Komunitas Sobat Budaya yang dilakukan pada tanggal 13 Desember 2011 di Istana Negara. Komunitas Sobat Budaya adalah komunitas yang membawa semangat GSDB dan pendataan budaya tradisi Indonesia.

Kegiatan peluncuran secara resmi pun dilakukan pada tanggal 9 Juni 2014 di Saung Angklung Udjo, Bandung. Komunitas Sobat Budaya ini merupakan kumpulan anak-anak muda yang mencintai budaya di berbagai kawasan di Indonesia. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah 1) mempromosikan budaya Indonesia melalui sains dan berbagai inovasi teknologi, khususnya teknologi informasi, 2) mengkampanyekan pendataan budaya kepada masyarakat Indonesia secara luas, 3) Ekspedisi budaya ke daerah-daerah untuk melakukan pendataan budaya, 4) data mining atau melakukan salin data kebudayaan yang masih berserakan di berbagai media seperti artikel, jurnal, buku, dan internet ke dalam PDBI. Tujuan yang hendak dicapai dari gerakan ini adalah tersedianya ensiklopedia budaya indonesia yang memadai, perlindungan budaya, penelitian budaya, inovasi-inovasi yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi kerakyatan dan kesejahteraan sosial.

Pada bulan Juni 2014 juga mulai terbentuk komunitas-komunitas Sobat Budaya Daerah. Hingga saat ini telah terbentuk 34 Komunitas Sobat Budaya Daerah, Sobat Budaya Jakarta adalah salah satunya. Setelah terbentuk bersamaan dengan peluncuran GSDB, Komunitas Sobat Budaya Jakarta melakukan open recruitment volunteer dan mengumumkan para pengurus pada tanggal 11 Agustus 2014 dan resmi memulai aktivitas pada tanggal 17 Agustus 2014 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69.

 

Email     : sobatbudayajkt@gmail.com

Twitter   :   @SobatBudayaJKT

Rantika :   081381382003

 

Ditulis oleh Siti Wulandari

  • WordPress
  • Google Plus
  • Facebook
4 COMMENTS

Silakan komentar