Sobat Budaya Jakarta | Petualangan Sobat Budaya Indonesia Di Desa Adat Baduy
465
post-template-default,single,single-post,postid-465,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,large,shadow3,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive

Blog

Petualangan Sobat Budaya Indonesia Di Desa Adat Baduy

01 Des 2014, oleh jakarta di Uncategorized
Tivan Rahmat || 28 Nov 2014

BANTEN, GANLOB.COM – Sebagai rangkaian dari Gerakan Sejuta Data Budaya, Sobat Budaya Indonesia (SBI) melakukan ekspedisi budaya ke Desa Adat Baduy, Banten, beberapa waktu yang lalu. Tim Ekspedisi ini terdiri dari Agung, Fickri, dan Rinaldy dari Sobat Budaya Indonesia. Serta Wulan dan Oase dari Sobat Budaya Jakarta.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen SBI yang menjalankan misi untuk membangun dan mengembangkan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI) sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan tradisi Nusantara.

Selama satu minggu, terhitung 12 – 18 November 2014, komunitas unik ini melakukan pendataan berbagai objek budaya tradisi yang ada di Desa Adat Baduy, seperti arsitektur rumah, arsitektur leuit (lumbung padi), motif kain tenun, sistem pengobatan tradisional, sistem penanggalan, hingga sistem perjodohan dan pernikahan.

Meski baru berdiri pada Desember 2011, namun perkembangan SBI justru melesat di tahun 2014, tepatnya setelah mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.

Dengan markas pusat yang berlokasi di Jalan Sarimadu No. 175, Sarijadi Blok 24, Bandung Jawa Barat, SBI kini telah memiliki perwakilan di 34 Provinsi di Indonesia.

Sumber: http://ganlob.com/2014/11/28/petualangan-sobat-budaya-indonesia-di-desa-adat-baduy/

DSC06957     DSC06963leuit   rumah baduy

 

Ditulis oleh Siti Wulandari

  • WordPress
  • Google Plus
  • Facebook

Silakan komentar