Sobat Budaya Foundation | Kode Nusantara Fest
1470
page-template-default,page,page-id-1470,ajax_leftright,page_not_loaded,,large,shadow2,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive
title

Kode Nusantara Fest

 

Indonesia telah meraih kemerdekaannya sebagai bangsa berdaulat pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, butuh perjuangan yang berat dan panjang untuk menjadi bangsa yang berdaulat penuh atas wilayah perairan kepulauannya. Pasca tahun 1945, kapal-kapal asing dapat berlayar dengan bebas di wilayah laut teritorial RI. Kala itu, Indonesia masih berpatokan pada Territoriale Zee en Marietieme Kringen Ordonantie (Staatblad tahun 1939 No. 442). Dalam peraturan tersebut, lebar laut teritorial Indonesia hanya 3 nautikalmil, dan penetapan lebar laut teritorial diukur dari garis pangkal yang menggunakan garis air rendah (pasang surut), yang mengikuti garis pantai masing-masing pulau Indonesia.

Aturan yang diterapkan oleh Pemerintah Hindia-Belanda ini kemudian dianulir oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djuanda Kartawidjaja melalui sebuah keputusan yang dikenal sebagai Deklarasi Djuanda. Deklarasi itu memuat konsepsi nusantara yang kemudian dituangkan dalam UU No. 4 Perpu Tahun 1960 tentang Perairan Indonesia. Isinya antara lain lebar laut teritorial Indonesia berubah menjadi 12 mil laut yang sebelumnya 3 nautikalmil laut diukur dari garis pantai yang menghubungkan titik-titik terluar dari ujung-ujung pulau Indonesia.

Deklarasi Djuanda yang dicetuskan tanggal 13 Desember 1957 ini juga merupakan deklarasi yang mengukuhkan Indonesia sebagai Negara Kepulauan. Laut tidak dipandang sebagai alat pemisah dan pemecah bangsa, sebaliknya, laut adalah alat pemersatu bangsa dengan keragaman budaya yang sangat melimpah ini. Karena itu, 13 Desember diperingati sebagai Hari Nusantara setiap tahunnya.

Bertepatan dengan Hari Nusantara, Sobat Budaya akan mengadakan Kode Nusantara Fest dengan tema “Merayakan Kedaulatan Maritim (di meja makan)” pada tanggal 13 – 15 Desember 2019.

Mata Acara:

  1. Opening
  2. Talk Show
  3. Lomba #KodeNusantara
  4. Performance
  5. Awarding
  6. Expo
  7. Apresiasi
  8. Gala Dinner
  9. Closing