Sobat Budaya Foundation | Langlang Nuswapada
698
page-template-default,page,page-id-698,ajax_leftright,page_not_loaded,,large,shadow2,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive
title
 

Langlang Nuswapada

Budaya adalah warisan, identitas, panduan hidup, hiburan, kebanggaan, dan sumber kehidupan. Indonesia sendiri memiliki 1.200 suku bangsa dan berbicara dengan 726 bahasa. Namun, sejak tahun 2000, telah terjadi 32 kasus klaim budaya Indonesia oleh pihak asing karena klaim budaya mudah dilakukan akibat Indonesia belum memiliki data referensi budaya yang representatif. Selain itu, ancaman kupanahan budaya juga tidak terelakkan lagi karena kurangnya apresiasi dan upaya pelestarian terhadap budaya tradisi Indonesia.

Padahal budaya tradisi Indonesia amat kaya dan bisa menjadi sumber kreativitas dan inovasi. Misalnya saja, perkembangan tas-tas etnik, fashion berbasis kain tradisional dan film “The Raid” yang terinspirasi dari ilmu bela diri silat.

Mahasiswa merupakan salah satu aktor penting dalam pergerakkan dan perubahan sosial. Menurunnya minat dan kecintaan anak muda terhadap budaya tradisi Indonesia terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Tentunya ini merupakan fenomena dan masalah sosial yang perlu segera diatasi.

Komunitas Sobat Budaya adalah komunitas anak muda yang bergerak pada pendataan budaya tradisi Indonesia yang bertujuan agar budaya tradisi Indonesia tidak punah dan tidak diklaim oleh negara lain. Komunitas Sobat Budaya juga melakukan kegiatan-kegiatan apresiasi budaya tradisi Indonesia sebagai salah satu upaya turut menangani fenomena sosial menurunnnya minat dan kecintaan anak muda terhadap budaya tradisi Indonesia.

Kali ini, Komunitas Sobat Budaya hendak menyelenggarakan roadshow ke kampus-kampus di berbagai kota besar di Indonesia. Program roadshow ini bernama Langlang Nuswapada, nama ini diambil dari Bahasa Sansekerta, “Langlang” berarti berkeliling dan “Nuswapada” berarti Nusantara.

Tagline roadshow ini adalah “Yang Muda Yang Berbudaya” tujuannya untuk mengenalkan budaya tradisi Indonesia kepada para mahasiswa dan anak-anak muda, menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap budaya tradisi Indonesia sehingga para generasi muda bisa berpartisipasi dalam pendataan dan pelestarian budaya tradisi Indonesia.

Rangkaian kegiatan dalam roadshow ini adalah seminar, pentas seni kebudayaan, pameran data budaya Indonesia, lomba submit data budaya.

“Sobat budaya mengajak seluruh masyarakat indonesia terutama mahasiswa untuk berkontribusi di dalam penDATAan budaya agar tidak terjadi kasus KLAIM budaya kembali, menghindari kepunahan budaya serta masyarakat bisa mengakses data info tentang budaya indonesia secara online dan mudah.”

 

Apakah kita sebagai mahasiswa mau kehilangan identitas bangsanya sendiri dan di ambil oleh negara lain?