Sobat Budaya Makassar | Bincang #KodeNusantara “Preserving Traditional Culture through Knowledge”
190
post-template-default,single,single-post,postid-190,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,large,shadow3,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive

Blog

Bincang #KodeNusantara “Preserving Traditional Culture through Knowledge”

24 Feb 2017, oleh sobatbudayaMKS di Uncategorized

Makassar, 26 Februari 2017 Pukul 15:00 Wita di Be Smart Coffee

Sobat Budaya Pusat dan Sobat Budaya regional Makassar mengadakan bincang kode nusantara dengan tema “Preserving Traditional Culture through Knowledge”. Acara tersebut akan diselenggarakan di Be Smart Coffee, Jl Poros Minasa Upa Ruko G, Makassar. Pada kesempatan tersebut turut hadir Ketua Sobat Budaya Pusat, Siti Wulandari dan Ketua Sobat Budaya regional Makassar, Muhammad Efendi.
Acara diawali dengan pemaparan GSDB dan pentingnya budaya tradisi di Indonesia. Buku Kode-Kode Nusantara mengajak pembaca untuk menggali informasi yang terkodekan dalam raga ekspresi budaya yang sebagian sudah akrab dalam keseharian pembaca yang dilihat sebagai bentuk tradisi, permaian tradisional (dolanan), objek wisata maupun kebiasaan sosial rutin orang Indonesia.

Berawal dari sebuah gagasan untuk membentuk gerakan sejuta data budaya (GSDB) yang di inisiasi oleh kawan-kawan Sobat Budaya sebagai bentuk upaya pendataan budaya Indonesia dan dikembangkan menjadi riset ilmiah bersama dengan Bandung Fe Institute, hal ini menghasilkan temuan bahwa terdapat sains dan ilmu pengetahuan matematis dibalik keanekaragaman kekayaan budaya tradisi Nusantara. Hasil temuan inilah yang dikompilasi dalam sebuah buku yang berjudul “Kode-Kode Nusantara.”
Buku ini memberikan kesaksian penelitian kompleksitas bahwa adanya pengetahuan yang terkuak ketika kita berhenti melihat budaya sebagai tradisi belaka. Jejak-jejak matematika dalam batik, geometri semesta alam dalam ukiran tradisional, rekayasa teknologi pada warisan arsitektur, dan pola-pola nada menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang begitu luar biasa.

Buku Kode-Kode Nusantara bukan hanya membahas tentang jejak matematika dalam pola batik, namun juga menganyam untai evolusi budaya nusantara, serta peta kekerabatan budaya di Nusantara. Dalam buku ini, kita dapat membaca dan melihat peta kekerabatan budaya Nusantara yang terpetakan dari motif batik, musik dan lagu, ornamen serta arsitektur tradisi di Nusantara.

Tentang Sobat Budaya
Sebuah komunitas pemuda yang berupaya melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui gerakan sejuta data budaya (GSDB). GSDB adalah suatu upaya gotong royong untuk membangun perpustakaan digital budaya Indonesia (PDBI) dengan alamat situs www.budaya-indonesia.org. Gerakan yang berawal dari Kota Bandung, diluncurkan pertama kali di Istana Negara tanggal 13 Desember 2011 yang hingga saat kini telah berkembang dan merambah di beberapa daerah di Indonesia. Sekarang tercatat 43 Sobat Budaya di daerah-daerah yang dibentuk secara partisipatif oleh para pemuda di daerah tersebut. Guna memberikan payung hukum atas komunitas-komunitas tersebut, maka sejak 7 Juli 2014, telah berdiri Yayasan Sobat Budaya.

Tentang Bandung Fe Institute
Bandung Fe Institute (BFI) merupakan sebuah lembaga riset kompleksitas di Indonesia. Didirikan pada tanggal 20Oktober 2002 di Bandung, Jawa Barat. Digagas oleh para pemuda yang terdorong untuk meneliti bidang ilmu sosial interdisipliner tanpa bergantung pada kategorisasi frigiditas ilmiah. Aktivitas yang dilakukan oleh BFI adalah upaya revolusi ilmiah dan pergeseran paradigma ilmu di tanah air yang saat ini telah menjadi simbol kekakuan. BFI merupakan lembaga penelitian yang memberikan ruang interdisipliner yang berupaya menajamkan cara pandang dan pengambilan keputusan, hingga kebijakan publik, melalui sains dan teknologi.

SELESAI

Nara Hubung:

Sri Sumarni Sjahril, Sobat Budaya Makassar
T: 0852-1549-5509, E: srisumarnisjahril@yahoo.com

Salam Budaya,
Mari bergotong royong melestarikan budaya tradisi melalui Gerakan Sejuta Data Budaya #GSDB bersama @sobatbudaya
Mencintai Indonesia, Menginspirasi Dunia!

  • WordPress
  • Google Plus
  • Facebook

Silakan komentar