Sobat Budaya Foundation | Oprec Pengurus Sobat Budaya Padang
1162
post-template-default,single,single-post,postid-1162,single-format-standard,ajax_leftright,page_not_loaded,,large,shadow2,wpb-js-composer js-comp-ver-4.5,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-1702

BLOG

 

Oprec Pengurus Sobat Budaya Padang

22 Dec 2015, by sobatbudaya in Oprec Pengurus Sobat Budaya, Oprec Volunteer

Cinta budaya Indonesia? Ingin ikut serta melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia? Khususnya di wilayah Padang?

Memiliki passion yang tinggi untuk berorganisasi dalam Komunitas Sobat Budaya di wilayah Padang?

Sobat Budaya Padang membuka rekruitmen untuk Periode Kepengurusan Januari – Desember 2016!

Sobat Budaya adalah sebuah komunitas non-profit yang berupaya melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB). GSDB adalah suatu upaya gotong royong untuk membangun Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI). Terdapat 15 Kategori budaya di PDBI yakni alat musik, cerita rakyat, makanan dan minuman, motif kain, musik dan lagu, naskah kuno dan prasasti, ornamen, pakaian tradisional, permainan tradisional, produk arsitektur, ritual, seni pertunjukan, senjata dan alat perang, tarian serta tata cara pengobatan dan pemeliharaan kesehatan.

Empat pilar dalam gerakan ini adalah 1) Tersedianya ensiklopedia budaya tradisi Indonesia; 2) Semakin banyaknya penelitian budaya yang dilakukan; 3) Sebagai perangkat perlindungan hukum atas kekayaan budaya tradisi nusantara yang kemudian akan didaftarkan ke World Intellectual Property Organization (WIPO); dan 4) Munculnya inovasi dan ekonomi kreatif yang berlandaskan pada budaya tradisi nusantara.

Untuk mencapai empat pilar tersebut, Sobat Budaya melakukan pendataan budaya dengan melaksanakan ekspedisi-ekspedisi budaya ke berbagai daerah. Selain melibatkan anggota Sobat Budaya, GSDB juga mengajak partisipasi masyarakat secara gotong royong untuk ikut serta mensubmit data budaya ke PDBI di laman www.budaya-indonesia.org.

Gerakan yang berawal dari Kota Bandung, diluncurkan pertama kali di Istana Negara pada tanggal 13 Desember 2011 kini telah berkembang dan merambah di beberapa daerah. Sekarang tercatat 43 Sobat Budaya di daerah-daerah yang dibentuk secara partisipatif oleh para pemuda di daerah tersebut. Guna memberikan payung hukum atas komunitas-komunitas tersebut, maka sejak 7 Juli 2014, telah berdiri Yayasan Sobat Budaya Indonesia.

Adapun visi dan misi yang hendak dicapai oleh Yayasan Sobat Budaya Indonesia yakni:

Visi:

Mendorong pelestarian dan pengembangan serta pendataan budaya Indonesia

Misi:

  1. Membangun dan mengembangkan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI).
  2. Memperkuat perlindungan hukum terhadap budaya Indonesia.
  3. Mendorong penelitian budaya Indonesia.
  4. Mempromosikan diversitas budaya Indonesia.
  5. Mendorong pendidikan budaya Indonesia.
  6. Mendorong partisipasi dan apresiasi masyarakat kepada budaya Indonesia.

Persyaratan:

  1. Bersedia menjadi pengurus dan menjalankan kewajiban sebagai pengurus selama 1 periode (Januri – Desember 2016);
  2. Berdomisili di wilayah Padang;
  3. Bersedia mengikuti AD-ART, SOP dan peraturan yang berlaku di Sobat Budaya;
  4. Memiliki ketertarikan, minat, dan komitmen untuk berkontribusi melestarikan dan mengembangkan budaya tradisi Indonesia khususnya di wilayah Padang;
  5. Bertanggung jawab serta memiliki jiwa sosial yang tinggi;
  6. Memiliki mobilitas yang tinggi (aktif dalam komunikasi melalui sms, e-mail, telepon, socmed serta mobile messaging seperti WhatsApp, Line atau BBM).
  7. Pendaftaran gratis dan tidak dipungut biaya;
  8. Pengurus Sobat Budaya Padang bersifat relawan (bukan karyawan)

Job Desk Pengurus:

Koordinator

Menjalankan tugas koordinasi Sobat Budaya Padang dengan Sobat Budaya Indonesia, serta menjalankan tugas koordinasi dan pengelolaan program pendataan budaya dan humas yang dijalankan oleh tim Pendataan Budaya dan Humas Sobat Budaya Padang.

Pendataan Budaya

Divisi Pendataan Budaya terdiri dari tim ekspedisi, penelitian, dan pendataan bertugas membuat rencana dan berbagai persiapan yang diperlukan dalam kegiatan pendataan seni budaya yang akan diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk juga mengatur tim-tim pelaksana pendataan yang ada komunitas Sobat Budaya. Divisi ini nantinya menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan aktifitas dokumentasi data budaya, seperti ekspedisi dan kegiatan salin data.

Humas

Divisi Humas bertugas merancang dan menangani kegiatan komunikasi yang membuat komunitas Sobat Budaya lebih dikenal secara luas. Selain juga, divisi yang menciptakan citra baik komunitas di mata publik. Humas juga mencatat dan membuat laporan terkait kegiatan komunikasi online. Selain itu, Divisi ini juga menjalin hubungan kerja sama strategis dengan berbagai media yang ada.

Humas Bertugas menjalankan fungsi media publikasi dan promosi, baik ke anggota komunitas maupun masyarakat luas melalui kegiatan pengenalan komunitas dan media online. Mengelola media sosial Sobat Budaya Padang. Mengelola konten untuk publikasi Sobat Budaya Padang. Mengelola booth pada pameran atau kegiatan eksternal . Membangun serta membina kerjasama dengan pihak eskternal, baik dari sektor publik, privat, NGO/LSM, komunitas, institusi akademik, dll. Menindaklanjuti penawaran kerjasama / undangan dari pihak eskternal.

Mekanisme Pendaftaran:

  1. Mengisi form berikut 
  2. Mengirimkan form yang telah diisi ke email sobatbudaya.padang@gmail.com , subjek email: Pengurus SB Padang 2016, paling lambat Minggu, 27 Desember 2015
  3. Para calon pengurus akan dihubungi via email pada hari Senin, 28 Desember 2015
  4. Pada hari Selasa, 29 Desember 2015 akan diselenggarakan sharing session bersama Pengurus Sobat Budaya Indonesia di Universitas Andalas (waktu dan tempat akan dikonfirmasi ulang via email).

Informasi dan update terbaru akan selalu diinformasikan melalui akun twitter @SobatBudayaPDG

Kami tunggu partisipasimu!

Mari Mencintai Indonesia, dan Mari Menginspirasi Dunia!

CP:

Officila line account @sobatbudaya (gunakan @)

Twitter: @SobatBudayaPDG

 

0815-8664-8135

1 COMMENT
  • Bisakah saya mendapatkan kontak salah satu pengurus sobat budaya padang? Saya ingin berkolaborasi dengan sobat budaya padang dalam sebuah project.

    Terimakasih

LEAVE A COMENT